Kepada Yth
1. Kepala Sekolah SMA/SMK Negeri/Swasta
2. Operator Sekolah SMA/SMK Negeri/Swasta
Alhamdulillah Puji Syukur Kita panjatkan
kepada Allah SWT, pada bulan Juni ini kita telah mulai memasuki semester ganjil
tahun ajaran 2015/2016 serta memasuki babak baru periode Juli - Desember 2015
penyaluran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Sekolah Menengah. Sehubungan
dengan hal tersebut, setelah mencermati Juknis BOS SMA/SMK tahun 2015 diketahui
bahwa batas akhir Cut Off ke-1 BOS SM 2015 untuk periode Juli - Desember 2015
adalah tanggal 1
Juli 2015.
Dalam rangka penyuksesan penyediaan Data
Pendidikan Menengah untuk penyaluran BOS SM 2015 untuk periode Juli - Desember
2015, Tim Dapodikmen Pusat telah melakukan beberapa langkah-langkah sebagai
berikut diantaranya :
1.
Penyempurnaan Aplikasi Dapdikmen sesuai masukkan dari para operator
dapodikmen.
2.
Melakukan pengaktifan referensi Semester Ganjil 2015/2016. Dengan
demikian sekolah telah dapat melakukan update untuk dapat login dan melakukan
proses periodikal pada semester ganjil tahun ajaran 2015/2016. Secara teknis
proses periodikal yang dapat dilakukan adalah (a) melakukan proses kelulusan
untuk siswa Kelas XII Tahun Ajaran 2014/2015, (b) melakukan proses kenaikan
kelas, dan (c) melakukan up date seluruh data pada semester Ganjil
2015/2016.
Selanjutnya, Kami mohon teman-teman
operator dapodikmen segera melakukan update data dengan beberapa
langkah-langkah teknis sebagai berikut:
1. Login pada semester Genap 2014/2015
kemudian melakukan validasi dan sinkronisasi.
2. Setelah selesai sinkronisasi, log
out/keluar dari aplikasi kemudian lakukan refresh (ctrl + f5).
3. Silahkan login ke semester Ganjil
2015/2016, kemudian melakukan proses update data:
a) Update data sekolah
Lakukan update data identitas sekolah
dan data-data pendukungnya, yaitu dengan melengkapi data yang masih kosong dan
edit data yang mengalami perubahan. Data pendukung Identitas sekolah meliputi:
data periodik, sanitasi, blockgrant, Yayasan, Program pengajaran dilayani/Paket
Keahlian dilayani/Jenis ketunaan, s/d akreditasi.
b) Update data Sarpras
Lakukan update data sarana prasarana dan
data-data pendukungnya, yaitu dengan melengkapi data ruangan yang belum masuk
dan edit data yang mengalami perubahan. Untuk data periodik di semester Ganjil
2015/2016 ini akan kembali kosong, untuk pengisiannya dapat menggunakan tombol
“ Salin semua data periodik”. Fungsi tombol ini akan menyalin data isian data
periodik yang telah diisikan di semester sebelumnya, selanjutnya tinggal
melakukan update/edit data yang mengalami perubahan.
c) Update data PTK
Lakukan update data PTK dan data-data
pendukungnya, yaitu dengan melengkapi data PTK yang belum lengkap dan edit data
yang mengalami perubahan. Untuk data penugasan di semester Ganjil 2015/2016 ini
akan kembali kosong, untuk pengisiannya dapat menggunakan tombol “ Salin
penugasan”. Fungsi tombol ini akan menyalin data isian penugasan PTK yang telah
diisikan di Tahun Ajaran sebelumnya, selanjutnya tinggal melakukan update/edit
data yang mengalami perubahan. Cek dan update juga data pendukung PTK meliputi:
data Anak, bea siswa, buku yang pernah ditulis dan seterusnya sampai dengan
data riwayat jabatan fungsional.
d) Update data Peserta Didik
Lakukan update data Peserta Didik dan
data-data pendukungnya, yaitu dengan melengkapi data Peserta Didik yang belum
lengkap dan edit data yang mengalami perubahan. Untuk data periodik di semester
Ganjil 2015/2016 ini akan kembali kosong, untuk pengisiannya dapat menggunakan
tombol “ Salin Data Periodik”. Fungsi tombol ini akan menyalin data isian
periodik Peserta Didik yang telah diisikan di semester sebelumnya, selanjutnya
tinggal melakukan update/edit data yang mengalami perubahan. Cek dan update
juga data pendukung Peserta meliputi: data prestasi, beasiswa.
e) Melakukan Proses Kelulusan kelas
XII Tahun Ajaran 2014/2015
Silahkan login ke semester Ganjil
2015/2016 kemudian masuk ke tab Pesera Didik. Pilih dan berikan cek list pada
peserta didik yang akan diluluskan, dan selanjutnya klik pada tombol “Proses
bersama kelulusan”. Pada window proses kelulusan, isian “Keluar karena = pilih
“Lulus”, isian “Tanggal Keluar sekolah” = isi “15 Mei 2015”, isian “Alasan” =
isi “Lulus”. Proses selengkapnya diuraikan pada Buku Panduan Sukses
Implementasi Dapodikmen.
f) Update data Rombongan
Belajar/Kenaikan Kelas
Sebelum melakukan proses Kenaikan Kelas
ini, pastikan sudah melakukan kelulusan siswa seperti point e). Lakukan update
data Rombongan Belajar dengan melakukan proses kenaikan kelas, pada
semester Ganjil 2015/2016 maka data rombongan belajar akan kembali kosong.
Silahkan masuk menu “Kenaikan Kelas” dan lakukan proses kenaikaan kelas
untuk seluruh rombongan belajar kelas X dan XI. Secara teknis setelah diklik
menu “Kenaikan Kelas” maka ditampilkan form Naik Kelas, pilih salah satu rombel
dan klik tombol “simpan dan tutup” , lakukan satu persatu untuk seluruh rombel.
Apabila pada semester Ganjil 2015/2016
terjadi perubahan anggota rombel dikarenakan ada perpindahan siswa atau
anggota setiap rombel diatur ulang, maka lakukan perubahan dengan prosedur
mengeluarkan siswa yang pindah/dipindah dari rombel lama kemudian dimasukkan ke
rombel yang baru. Pengeditan nama rombel sebaiknya dilakukan setelah
menyelesaikan proses kenaikan kelas untuk seluruh rombel. Bila anggota rombel
semester ganjil 2015/2016 tidak sama dengan semester sebelumnya (sekolah
mengadakan pengacakan anggota rombel), maka langkah yang dilakukan adalah
membuat Rombel Baru dan memasukkan Siswa ke dalam rombel secara manual, pada
jenis pendaftaran pilih “naik kelas”. Dalam hal ini tombol kenaikan kelas tidak
digunakan.
g) Validasi dan Sinkronisasi
Setelah semua proses update data di
aplikasi Dapodikmen (di komputer lokal) dilakukan maka proses selanjutnya
adalah melakukan proses validasi dan sinkronisasi. Pada proses validasi
pastikan invalid = 0 (nol) jika telah melakukan penambahan data. Hasil dari
update data melalui proses sinkronisasi dapat dilihat saat login sebagai
operator sekolah di manajemen Dapodikmen
(laman:dapo.dikmen.kemdikbud.go.id.
Secara umum langkah-langkah yang
diuraikan di atas adalah proses teknis untuk melakukan update data pada Aplikasi
Dapodikmen di Tahun Ajaran 2015/2016, dimana dalam pelaksanaannya dapat
menyesuaikan dengan proses periodikal di Sekolah.
Atas perhatian dan kerjasama Bapak/Ibu
serta teman-teman operator sekalian, kami ucapkan terima kasih
Lakukan update Dapodikmen sekarang…..
Jangan Tunda Sampai Esok……
Selamat Bekerja….
Salam Satu Data Dapodikmen….sumber: http://dapo.dikmen.kemdikbud.go.id/portal/web/laman/detailBerita/2015-06-02/menuju_tahun_ajaran_baru_2015_2016_dan_batas_akhir_cut_off_bos_sm_1_juli_2015_